Trik Menghemat Kuota Internet

Saat ini hampir dapat dipastikan semua pengguna Android memanfaatkan internet untuk melakukan beragam aktivitas, mulai dari bermain gim (game), berkirim pesan, hingga mengakses media sosial. Beragam kegiatan tersebut kadang-kadang membuat seseorang merasa selalu kekurangan kuota data internet. Itu tentu saja akan berimbas pada pengeluaran untuk kebutuhan internet.

Namun dengan beberapa langkah sederhana, pengguna Android sebenarnya dapat melakukan penyesuaian agar konsumsi datanya tidak terlampau besar. Google menyediakan aneka macam layanan yang tersinkronisasi secara otomatis dengan ponsel Android pengguna begitu melakukan login ke akun Google. Baca : cara cek kuota axis dan juga cek kuota axis 4G.

Tak semua layanan ini dipakai oleh pengguna. Karena itu, opsi sinkronisasi untuk layanan yang tidak digunakan sebaiknya dimatikan saja. Memang, aktivitas sinkronisasi ini tak memakan terlalu banyak data. Namun, mematikan sync layanan yang tidak dipakai bisa membantu menghemat pemakaian kuota secara keseluruhan. Opsi mematikan sinkronisasi untuk fitur yang tidak dipakai juga bisa diterapkan ke akun-akun lain di luar Google.

1. Mengaktifkan fitur hemat data di peramban (browser)

Salah satu kekhawatiran ketika mengakses internet melalui peramban Chrome adalah banyaknya kuota yang akan dihabiskan. Namun, peramban khas Android itu ternyata memiliki fitur Data Saver yang dapat menghemat penggunaan data.

Ketika fitur ini diaktifkan, Chrome akan mengurangi ukuran dan gambar yang ditampilkan di perangkat Anda. Untuk mengaktifkannya, pengguna cukup membuka ‘Settings’ di Chrome, lalu pilih ‘Data Saver’ dan geser ke posisi aktif. Info terkait : cara cek kuota 3 atau cek kuota 4G 3.

Ketika mulai menggunakan Android, sudah tentu pengguna akan diminta memasukkan akun Google di perangkat tersebut. Setelah itu, perangkat akan secara otomatis melakukan sinkronisasi dengan seluruh layanan Google lain, seperti Google Keep dan Google Fit.

Di sini pengguna dapat membatasi proses sinkronisasi dengan membuka aplikasi Setting, pilih Accounts lalu tentukan akun Google yang digunakan. Setelah itu, matikan layanan yang jarang digunakan. Meskipun layanan semacam ini tak menghabiskan begitu banyak kuota internet, keputusan untuk mematikan beberapa layanan agar tak selalu tersinkronisasi juga dapat menghemat daya baterai.

3. Mengapus aplikasi Facebook

Salah satu aplikasi yang diketahui mengonsumsi data cukup besar adalah Facebook. Karena itu, tak ada salahnya pengguna Android menghapus aplikasi resmi dari jejaring sosial tersebut. Info terkait : cara cek kuota XL ataupun cek kuota 4G XL.

Sebagai alternatif, pengguna dapat mengakses Facebook dari situs mobile yang tentu lebih ramah kuota data dan hemat daya. Bahkan, untuk memudahkan penggunaan, Anda cukup menyematkan jalur pintar ke situs Facebook di halaman depan perangkat.

4. Simpan musik dan video secara offline

Apabila memungkinkan, unduh dan simpanlah konten secara lokal di perangkat Android. Hal ini bisa dilakukan pada layanan-layanan streaming seperti Spotify

Melalui opsi penyimpanan musik secara offline di perangkat, pengguna pun tak perlu mengunduh data tiap kali akan mendengarkan musik. Fitur ini bisa dipakai untuk menghemat pemakaian data. Begitu juga dengan fasilitas offline maps di Google Maps dan YouTube Offline.

5. Kurangi kualitas streaming

Layanan streaming musik dan video macam Spotify dan Netflix memang asyik, tapi bisa menyedot kuota dengan dahsyat kalau tak hati-hati dipakai. Supaya tak boros data, ada baiknya mengurangi kualitas streaming sehingga ukuran file musik atau video tidak berlalu bongsor.

Media sosial seperti Snapchat turut menawarkan fungsi penghematan data bernama Travel Mode yang bisa diakses melalui menu settings. Saat Travel Mode diaktifkan, Snapchat tidak akan mengunduh konten seperti Stories di background apabila perangkat sedang terhubung ke jaringan seluler.

6. Batasi penggunaan data yang berjalan di background

Cara ini cukup ampuh untuk membatasi beberapa aplikasi yang tetap terkoneksi, meski tak sedang digunakan. Ketika mengaktifkan fitur ini, kebanyakan aplikasi hanya benar-benar berjalan saat ponsel sedang digunakan atau terhubung dengan jaringan Wi-Fi.

Untuk mengaktifkannya, pengguna cukup membuka aplikasi Settings, kemudan pilih Data Usage. Setelah itu, pilih tombol menu di pojok kanan dan pilih Restrict background data, lalu centang Ok. Baca juga info cara cek kuota smartfren serta cek kuota 4G smartfren.

Data Usage juga memungkinkan pengguna memantau data yang sudah digunakan. Pengguna dapat mengatur dan membuat rencana penggunaan kuota setiap bulannya, termasuk mengaktifkan peringatan ketika penggunaan sudah mendekati batas maksimal.

7. Matikan sinkonisasi yang tidak diperlukan

Google menyediakan aneka macam layanan yang tersinkronisasi secara otomatis dengan ponsel Android pengguna begitu melakukan login ke akun Google. Tak semua layanan ini dipakai oleh pengguna. Karena itu, opsi sinkronisasi untuk layanan yang tidak digunakan sebaiknya dimatikan saja.

Memang, aktivitas sinkronisasi ini tak memakan terlalu banyak data. Namun, mematikan sync layanan yang tidak dipakai bisa membantu menghemat pemakaian kuota secara keseluruhan. Opsi mematikan sinkronisasi untuk fitur yang tidak dipakai juga bisa diterapkan ke akun-akun lain di luar Google.

Source : Cara Cek

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Gadget, Tips Trick. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s